Komponen-Komponen Komputer

Selasa, 22 Mei 2012
* Alat Input, yaitu alat yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah, seperti :

o Keyboard, adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya. Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik.Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.

o Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus berbentuk seperti seekor tikus sehingga dalam bahasa Inggris peranti ini disebut mouse. Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

o Layar sentuh atau dalam bahasa Inggris Touchscreens, touch screens, touch panels atau touchscreen panels adalah layar tampilan komputer yang sensitif terhadap sentuhan manusia, sehingga seseorang dapat berinteraksi dengan komputer dengan cara menyentuh gambar atau tulisan yang terpampang pada layar computer, alat ini selain sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output.

· Alat Pemroses atau CPU, yaitu komonen penting dalam computer yang merupakan pusat pengendali dari semua komponen-komponen computer, disinilah semua data yang kita masukkan melalui alat input diproses menjadi informasi, untuk penjelasan tentang CPU akan di jelaskan pada artikel lain karena memakan penjelasan yang panjang ( ah! Bilang aja belum tau).

· Alat Penyimpan, alat yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data, seperti :

o Harddisk, adalah komponen yang bisa menyimpan data secara permanent data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika computer dimatikan.

o RAM, adalah memory yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara, data yang disimpan dalam RAM akan hilang ketika computer dimatikan.

· Alat Output, yaitu alat yang berfungsi untuk menampilkan dan mencetak data atau perintah yang kita inputkan, seperti:

o Monitor yaitu suatu alat yang digunakan untuk menampilkan data yang kita buat,

o Printer, yaitu suatu alat yang digunakan untuk mencetak hasil kerja komputer.

o Speaker, alat output suara.d::->>Hallo Sobat, please like this blog in facebook.. Oke.. TQ sobbat.. :) <<-::

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
YohanBlog... © 2011 | Design Template by Utta Vifer | Template Blogger Name | Uniqx Transparent 2.0 | Uniqx Transparent 2.0